[Parenting] Seri Buku Raport : Perlukah Sekolah Mengumumkan Ranking Siswa?

Saat penerimaan raport siswa ada dua pertanyaan yang paling sering diajukan orang tua atau wali murid, yaitu tentang anaknya naik atau tidak dan tentang ranking. Pertanyaan pertama biasanya diajukan oleh orang tua yang menyadari bahwa anaknya bermasalah, sedangkan pertanyaan yang kedua ditanyakan oleh orang tua yang merasa anaknya punya potensi akademik.

Pentingkah perankingan? Perlukah dilakukan?

Ada yang menganggap penting dan ada yang menganggap tidak penting.

Orang tua menganggap penting karena menganggap ranking bisa memotivasi anak, mungkin karena mereka menggunakan ranking sebagai ukuran untuk memberikan hadiah atau imbalan. Sah-sah saja, itu hak atau pilihan orang tua.

Orang tua yang menganggap tidak penting atau bahkan menolak keras perankingan mungkin karena menganggap pencantuman ranking di raport justru membuat anak mengalami demotivasi belajar.

“Ah santai aja Ma, toh aku selalu ranking satu dengan sedikit belajar. Nilaiku selalu di atas teman-temanku”. Padahal bila dibandingkan dengan nilai teman-temannya di kelas lain nilainya termasuk rendah, apalagi dibandingkan dengan teman-temannya di sekolah lain.

“Ah percuma belajar Ma, rankingku selalu rendah, sulit mengejar ranking.” Sang anak menjadi semakin minder dan tidak semangat belajar.

Bagaimana seharusnya? Pihak sekolah meranking atau tidak?

Sebaiknya pihak sekolah mengakomodir dua kepentingan ini, dan mengambil jalan tengah. Silakan pihak sekolah meranking siswanya, namun tidak perlu diumumkan. Pihak sekolah hanya memberikan informasi ranking kepada orang tua atau wali murid yang menanyakan saja. Dengan cara begitu pilihan benar-benar ada di tangan orang tua/wali murid, mau menggunakan ranking atau tidak.

Sebagai orang tua, perlukah kita mengetahui ranking anak kita? Kalau tidak menggunakan ranking, bagaimana kita memantau perkembangan anak kita?

Jawaban akan dibahas pada tulisan selanjutnya….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s