[Gaya Hidup] Seri Phobia : Bukan Bawaan Tapi Bisa Diturunkan

Phobia adalah ketakutan berlebihan terhadap sesuatu benda atau kondisi, sehingga sang penderita berusaha kuat untuk menghindari sesuatu itu dengan sikap-sikap yang tidak proporsional dibandingkan bahaya atau ancaman yang mungkin terjadi. Atau dalam bahasa singkatnya phobia adalah ketakutan yang tidak rasional.

phobiaPhobia tidaklah dibawa saat lahir, tidak ada seorangpun yang phobia terhadap kambing sejak dia dilahirkan. Tidak ada ketakutan yang kita bawa sejak lahir. Kita takut sesuatu karena kita belajar untuk takut setelah kita terlahir. Kita belajar takut dari pengalaman dan lingkungan. Karena itu setiap orang memiliki jenis dan tingkat ketakutan yang berbeda.

Karena dipelajari dari lingkungan, besar kemungkinan terjadi phobia diturunkan orang tua ke anak-anaknya. Secara tidak sadar orang tua yang menderita phobia terhadap sesuatu mengajari anak-anaknya untuk takut juga, dengan sikap-sikap yang dilakukan setiap hari sehingga dicontoh anak-anaknya. Seorang ibu yang takut kucing secara tidak sengaja mengkondisikan anak-anaknya untuk takut dan menghindari kucing. Padahal anak-anaknya tidak pernah mengalami pengalaman buruk dengan kucing.

Bila ketakutan terhadap sesuatu adalah buah dari pembelajaran selama kita hidup, berarti kita juga bisa melakukan sebaliknya, belajar untuk tidak takut. Dengan metode mutakhir menghilangkan ketakutan atau mengobati phobia adalah hal yang mudah dilakukan. Tapi pada kenyataannya banyak orang yang menolak untuk sembuh dari phobia karena menganggap sebagai bagian dari identitas dirinya. Mereka khawatir bila sembuh mereka akan kehilangan jati diri sebagai manusia pengidap phobia. Mereka merasa selama ini sudah bisa ‘menikmati’ ketakutannya.

Bagaimana dengan Anda?

Hak Anda memilih tetap phobia, selama tidak mengganggu orang lain di sekitar Anda, dan tidak membuat anak-anak Anda meneladani sikap phobia. Tegakah Anda melihat anak-anak Anda tersiksa karena phobia?

 

(Bila ingin diskusi atau konsultasi tentang Phobia dengan penulis, Information Contact ada di http://www.nurmuhammadian.com)
Advertisements

One thought on “[Gaya Hidup] Seri Phobia : Bukan Bawaan Tapi Bisa Diturunkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s