[Kripik 51] Pilihan Saat Sedih

pilihan saat sedih“Apa saya gila ya pak? Siang hari saya bisa begitu ceria dan bahagia, malamnya saya bisa sangat sedih dan gundah”

Begitulah ungkapan perasaan seorang sahabat yang mengkhawatirkan keadaan dirinya. Sahabat saya ini merasa sangat bahagia saat berkumpul dengan teman-temannya, namun berubah sedih saat sendirian di kamarnya tanpa kesibukan.

Sahabat saya sudah ditinggal kedua orang tuanya. Bila sendirian di kamar muncul lintasan penyesalan di pikirannya bahwa saat ibunya masih ada dia tidak membahagiakannya dengan maksimal.

“Mbak, sekarang Ibu sudah tiada. Apa yang paling bermanfaat yang bisa diberikan kepadanya?”

“Doa saya Pak…”

“Setelah Mbak berdoa, kesedihan bagaimana?”

“Berkurang banyak Pak…”

“Lha berarti Mbak sudah punya solusinya…”

“Iya sich…Tapi saya ingin kesedihan itu tidak perlu datang…Tidak mengganggu saya”

“Kesedihan mengingat Ibu itu wajar…Dan Mbak juga sudah tahu dan punya pilihan tindakan apa yang harus dilakukan agar kesedihan itu tidak berlarut. Seandainya saya bisa membantu Mbak menghilangkan kesedihan saat mengingat Ibu, mbak mau selanjutnya tidak lagi sedih saat mengingat Ibu?”

“Selamanya tidak bisa sedih bila mengingat Ibu saya..?

“Iya…Kemungkinan seperti itu”

Sahabat saya terdiam. Beberapa saat kemudian menjawab lirih “Gak perlu dihilangkan Pak…Saya akan segera berdoa saja bila kesedihan itu datang”

Seringkali kita memilih untuk tidak segera bertindak menghilangkan kesedihan karena merasa sepantasnya sedih, padahal kita sudah memiliki solusi untuk menghilangkannya.

Sejatinya TUHAN SUDAH  menganugerahkan SOLUSI bersama dengan MASALAH.

Kita tidak bisa MENGHINDARI PENYEBAB KESEDIHAN, tapi kita punya KENDALI penuh atas reaksi TINDAKAN yang mengikutinya. Kita punya pilihan : BERBUAT sesuatu BERDASARKAN KESEDIHAN, atau melakukan TINDAKAN untuk MENGUBAH PERASAAN menjadi BAHAGIA. Apapun yang MENDAHULUINYA, SELALU ada PILIHAN untuk BAHAGIA.  

Hidup Efektif dan Bahagia.

[Penulis adalah seorang Trainer, Coach, dan lebih suka disebut sebagai Mental Programmer. Memiliki Lisensi resmi dari Richard Bandler sebagai Master Praktisi  NLP. Untuk mengetahui informasi lengkap tentang penulis silakan kunjungi http://www.NurMuhammadian.com Penulis buku “Kripik untuk Jiwa”]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s