[Workshop|Training] Mindfully Working for Effective and Happy Life

Anda mungkin sering mendengar, atau bahkan mengalaminya…

Keluhan dari karyawan bahwa hidupnya terasa hampa, bahkan menderita. Merasa tidak dihargai di lingkungan kerjanya. Merasa selalu dituntut berbuat benar  tapi diabaikan, dibenci. Apapun yang diperbuat dianggap salah, itu yang mereka rasakan.

Mereka merasa kosong tak bertenaga padahal setiap waktu memikirkan target dari perusahaan. Mereka bingung harus melakukan apa agar merasa bahagia dengan tekanan target yang harus dicapai.

Sementara para pimpinan juga mengeluhkan anggota teamnya. Mereka merasa bingung harus berbuat apa agar para bawahannya bisa semangat. Mereka kehabisan cara untuk membuat bawahannya mampu mencapai target. Bahkan ada yang sampai berpikir untuk mengganti para anggota teamnya, meskipun  mereka juga sadar bahwa belum tentu bisa mendapatkan anggota baru yang lebih baik.

Siapa yang harus berbuat sesuatu? Siapa yang harus segera berubah? Pimpinan atau yang dipimpin?  Pertanyaan saya jauh lebih baik dibanding pertanyaan “Siapa yang salah?”

Sebenarnya tidak ada yang salah, tapi banyak yang harus diubah…

“Lha apa bedanya? Kalau banyak yang harus diubah berarti banyak kesalahan khan?”

Perubahan tidak harus berawal dari kesalahan, meskipun perubahan adalah satu-satunya pilihan untuk menebus kesalahan.

Dalam konteks masalah produktifitas di lingkungan kerja yang saya sampaikan tadi, tidaklah bijak bila kita sibuk mencari siapa yang salah, tidak efektif, terlalu bertele-tele karena toh setelah menemukan pihak yang salah tetap saja harus banyak pihak bersedia berubah, tidak hanya pihak yang dianggap salah.

Ok, kita bersama sepakat bahwa harus segera dilakukan perubahan.

“Siapa dan mulai dari mana?”

Semua pihak harus mau berubah, dan mulai dengan mengenali diri sendiri.

Orang yang galau, merasa hampa, kurang semangat bekerja, demotivasi, lebih parah lagi : stress dan depresi, disebabkan bingung. Mereka merasa bingung dengan kondisinya, merasa bingung harus berbuat apa, merasa bingung harus ke mana. Pada kondisi seperti itu semua orang akan sulit diajak berubah, sulit mengubah perilaku, sulit diajak maju, yang pasti sulit bahagia. Yang lebih sulit lagi, sebagaian besar orang tidak sadar bahwa sebenarnya mereka sedang bingung…Nah lho!

Pernahkah Anda bangun tidur di suatu pagi, dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan hari itu?

Pernahkah saat Anda akan tidur di malam hari merasa tidak melakukan sesuatupun seharian?

Silakan diingat-ingat! Itu adalah tanda-tanda sedang bingung berat.

Dalam workshop “Mindfully Working for Effective and Happy Life” atau “Bekerja dengan Kesadaran Penuh untuk Hidup Efektif dan Bahagia” peserta akan diajak menemukan hal-hal penting untuk lebih mengenali diri sendiri. Hanya orang yang mengenali diri sendiri yang bisa menentukan visi hidup, dan hanya orang yang punya visi yang mampu mengenali kebutuhan.

Setelah mengenal diri sendiri dengan baik sehingga mampu menentukan visi hidup, selanjutnya dalam workshop “Mindfully Working for Effective and Happy Life” setiap peserta akan diajak mengenali waktu dan praktik langsung bagaimana memanfaatkannya.

Waktu adalah sumberdaya yang mutlak dibutuhkan semua orang, sangat murah bahkan gratis, tapi sangat jarang orang yang bisa memanfaatkannya.

Berikutnya peserta workshop akan menemukan kesadaran bahwa masing-masing mereka punya kendali utuh hidup mereka sendiri. Mereka akan menyadari bahwa sebenarnya tidak seorangpun bisa mempengaruhi kondisi mereka kecuali mereka sendiri yang memilih dan menentukan.

Pada sesi berikutnya peserta workshop akan praktik langsung sehingga memiliki pemahaman dan pengalaman menjaga keselarasan dengan lingkungan. Peserta akan menemukan bahwa ternyata caranya sangat sederhana dan mudah untuk menciptakan keselarasan dalam lingkungan, khususnya lingkungan kerja.

Yang terakhir peserta akan berlatih memiliki mental win-win, menang-menang.

“Mindfully Working for Effective and Happy Life” adalah workshop tentang perubahan, tidak sekedar pengetahuan atau pemahaman. Targetnya adalah adanya perubahan pada setiap peserta. Tentu saja, besar kecilnya perubahan tergantung pada masing-masing peserta.

Karena setiap peserta mendapatkan worksheet, maka seluruh kegiatan praktik yang dilakukan dalam workshop akan bisa diulangi peserta di luar workshop, di rumah atau di tempat kerja masing-masing. Peserta akan mampu melakukan perubahan diri lebih besar dan lebih baik dengan mengulang worksheet.

Silakan hubungi Faiz A. Jaya 0853 139 000 80 atau 0815 9632560 untuk informasi workshop ini.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s